10 Peneliti Terbaik Telkom University versi H-Index SCOPUS ~ April 2017


Hingga saat ini website pengindex karya ilmiah SCOPUS yang dimiliki oleh Elsevier diakui masih yang terbesar dan paling bergengsi dalam memeringkat peneliti – peneliti terbaik di seluruh dunia berdasarkan publikasi karya ilmiahnya.

Setidaknya ada 22000 judul paper dari sekitar 5000 penerbit yang sudah diindeks oleh SCOPUS dari seluruh dunia yang 20000 papernya merupakan peer-reviewed journal di bidang saintifik, teknikal, medikal dan ilmu sosial (termasuk seni dan kemanusiaan).

Dinilai bergengsi karena agar paper seorang peneliti bisa diindeks SCOPUS harus melalui review yang terbilang sulit. Tidak hanya sulit, seringkali agar kemudian paper bisa muncul dalam index scous peneliti juga harus bersabar menunggu hingga berbulan – bulan dan merevisi koreksi dari reviewer yang terkenal ketat dan disiplin. Wajar sekali jika sebuah paper bisa terindeks SCOPUS menjadi suatu prestasi membanggakan bagi si peneliti.

Dari indeks SCOPUS kita bisa ekstrak juga karya – karya tulis khususnya yang berafiliasi dengan Telkom University untuk kemudian melihat siapakah 10 peneliti terbaik yang dilihat dari skor h-indexnya. Siapa saja mereka ya? Hmm… berikut saya hidangkan bagi hadirin semua.

Rank Nama h-index Jumlah dokumen
1 Anwar, Khoirul 7 70
2 Adiwijaya, undefined 6 54
3 Suhendi, Asep 6 15
4 Wirayuda, Tjokorda Agung Budi 4 25
5 Usman, Koredianto 4 16
6 Nhita, Fhira  4 14
7 Handayani, Ismi P. 4 12
8 Fathona, Indra Wahyudhin  4 11
9 Wisesty, Untari Novia  4 11
10 Suyanto 4 10

Perhitungkan didasarkan pada sorting jumlah h-index kemudian diperingkat kembali berdasarkan jumlah dokumen yang terindeks.

Peringkat ini bersifat dinamis dan akan terlihat saling menyusul satu sama lainnya seiring berjalannya waktu. Adakah nama Anda dalam list ini?

,

One response to “10 Peneliti Terbaik Telkom University versi H-Index SCOPUS ~ April 2017”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *