Ringkasan Materi Visualisasi dan Animasi 3D Pada Teknik-Tekniknya


Ravika Oktaviani-7708164050

Sebuah era semakin janggih dan modern dimana dalam editan video maupun editan yang lainnya, contohnya seperti editan Animasi 3D yang hasilnya menjadi video, audio juga gambar sehingga banyak di gemari berbagai kalangan seperti anak-anak hingga orang dewasa. Editan video atau pun editan Animasi 3D harus mengunakan software yang sesuai pula karena, tampa software tidak mudah untuk mengedit Animasi 3D tersebut. Sofware yang digunakan dalam pengeditan Animasi 3D ini adalah software Blender. Sofware Blender ini dapat membaut karakter apa saja menjadi seperti nyata. Jika kita ingin mengunakan atau mempelajarin Sofware Blender ini maka yang harus utama kita mengenal terlebih dahulu teknik atau langkah-langkah pada tools-tools yang ada di layar laptop anda atau komputer anda. Tools-tools pada Blender memiliki fungsi tersendiri. Jika kita ingin mengedit di dalam pengeditan Blender terdapat pula langkah-langkah bagaimana cara untuk Rendering, LightType, camera, texturing, modeling dan lain lain. Biasanya dosen atau guru akan memberikan penjelasan langkah- langakah tersebut disaat Pratik didalam ruangan kelas atau LAB.

Texturing adalah pembuatan atau pemberian warna pada objek yang sudah dimodelkan sebelumnya sehingga tampak indah dari sebelumnya. Teknik mewarnai pada Sofware Blender kerap kita jumpain atau kita pelajarin bagaimana teknik mewarani atau selebihnya, akan tetapi VCG akan mengenalkan 3 taknik pada texturing yaitu; mewarnai dasar material, pewarnaan temple material, dan imag editor. Selain teknik texturing masih terdapat teknik modiling, rendering, lighting dan lain lain. Lighting atau disebut dengan lampu pada Blender adalah peroses pembuatan dan pemberian cahaya pada model atau objek yang sudah dibuat sehingga diperoleh visual yang realitis karena terdapat keindahan pada kedalaman ruang dan pembayangannya (shadow) pada objek. Lighting selain memiliki teknik terdapat jenis-jenis yaitu; 1. Point, 2. Area, 3. Sun, 4. Spot, 5. Hemi, memiliki pengaturan cahya yang berbeda-beda setiap jenis yang digunakan. Rendering meruakan peroses akhir dari keseluruhan pemodelan animasi pada komputer. Sebelum merendering kita perlu melakukan proses modeling, texture, pencahayaan pada objek, dan lain-lain, dengan menggunakan parameter tertentu akan menghasilkan tampilan model yang diinginkan. Pada Blender terdapat pula duplikat atau yang sering disebut copy objek akan tetapi pada Blender beda dengan yang lain taknik menduplikat klik pada keyboard Shift + D adalah hanya menduplikat objek akan tetapi objek yang satu tidak berhubunga dengan objek yang sudak kita duplikat. Selain klik Shift + D ada juga Alt + D yaitu objek yang kita duplikatkan akan berhubungan dengan hasil objek yng sudah kita duplikatkan atau yang di sebut dengan Mirror. Mirror merupakan suatu objek yang diduplikat apabila kita ingin mengedit salah satu objek maka objek yang lain akan mengikutinta.

Gambar Animasi 3D


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *