Sampurasun! Saya seorang Yahdi yang ikut-ikutan bermarga ‘Siradj’. Entah ada berapa Siradj di luar sana, dan saya gak tahu juga apa ada hubungan darah dengan mereka-mereka itu. Yang pasti, nama Siradj saya dapatkan dari kakek saya yang bernama Siradjuddin. Sama Ayah saya Siradjuddin dipotong dan diambil Siradj nya saja. Kedua adik saya juga bernasib yang sama, Nanda dan Nadia juga berakhiran nama Siradj pemberian Ayah saya.

Dikira Orang India

Mungkin Anda juga berpikiran sama dengan ribuan orang yang telah mengenal Saya. “Yahdi, kamu orang India ya?” Demi Tuhaaaaan, Saya orang Indonesia Asli. Sejak lahir saya sudah di Bandung dan kedua orang tua saya berasal dari Tanah Minang di Barat Sumatera sana. Jadi tidak ada bukti saya berkerabat dengan Shah Rukh Khan, apalagi Amitabh Bhachan.

Gak percaya? Coba kita bandingkan foto di bawah ini :

Terlihat kan secara lekukan mata dan ukuran hidung bro SRK punya khas ala ala indihe lha si gue masih lebih mirip dengan peranakan pribumi di Indonesia.

Banyak yang mikir nama Siradj itu namanya orang India. Hey, Siradj adalah bahasa Arab yang artinya ‘Lampu’ (cek kamus), jadi dirangkai dengan nama depan saya Yahdi yang berarti ‘yang menunjuki’ maknanya menjadi ‘Lampu yang menunjuki‘ cieeeh.. haha.

My Curriculum Vitae

Setiap saya diminta ngisi pelatihan, seminar atau kajian keislaman,panitia suka nanya CV saya. Jadi sekalian aja saya sampaikan disini untuk sesiapa pun yang butuh. Bisa didownload, atau tampilkan dari web ini langsung (mangga mau cara mana aja boleh…)

CV Versi Dikti unduh disini :

CV Yahdi 2018

Menjadi Dosen di Telkom University

Saya mengenal Telkom University lewat tangan dingin pak Christanto Triwibisono. Perlu saya sebut nama beliau karena kalau bukan ajakan dari beliau tentu saya tidak akan jadi Dosen di Telkom University. Mungkin jadi artis jebolan Indonesia Idol, atau anggota salah satu Boyband organ tunggal. Entahlah, tapi menjadi dosen adalah pekerjaan paling menyenangkan menurut saya.

Awalnya saya mengajar Jaringan Komputer, karena basic saya Teknik Komputer ITB. Modal saya mengajar pertama kali adalah materi dari ebook Data Communications and Networking, Fourth Edition oleh Behrouza A. Forouzan. Setelah itu barulah mendalami CCNA meski tak sampai sertifikasi.

DI 2016 saya berpindah Program Studi ke D4 Sistem Multimedia karena S2 yang saya ambil di ITB adalah Teknologi Media Digital dan Game. Banyak lulusan angkatan saya yang akhirnya mengajar di Telkom University. Bangga juga saya dengan Tel-U pada saat itu.

Beraktivitas di Dakwah Sekolah

Sejak SMP saya senang beraktivitas di Rohis. Kesenangan itu kebawa-bawa sampai sekarang, hingga saya pun menikahi seseorang yang menyukai dakwah sekolah. Week end pun banyak saya habiskan bersama istri di sekolah atau bersama pembina rohis.

Karena basic saya IT, maka saya pun iseng membuat platform blog gratis yang diperuntukkan rohis seIndonesia. Kalau Kamu tertarik cari tahu, bisa mengunjungi rohis.or.id. Platform berbasis wordpress ini memberikan website gratis yang bisa digunakan rohis untuk berdakwah di dunia maya.

Saya punya mimpi, biar Rohis-rohis seindonesia bisa sinergi mempersiapkan kader-kader dakwah terbaik yang akan membangun Indonesia kelak.

Oya, demi mencapai mimpi saya ini, bersama beberapa alumni Rohis kami membentuk LSM ITSAR.

Bertugas di SISFO

2015 Saya diminta menjabat sebagai Asisten Manager Manajemen Konten di SISFO TelU. Membawahi 3 Staff gokil dan menjadi bawahan seorang manager adalah pengalaman baru dan menantang bagi saya. Job desc saya adalah mengelola website telkomuniversity.ac.id dan subdomain-subdomain di bawahnya. Sebuah tugas khusus juga diberikan pada saya, yaitu mengejar ranking Perguruan Tinggi berbasis web, webometrics dari sisi generate content web dan jumlah backlink.

Saya banyak mendapat pengalaman berharga selama menjabat disini dan berkenalan dengan teman – teman dosen lintas fakultas dan prodi. Salah satu dosen sekaligus atasan favorit saya selama menjabat adalah wakil rektor akademik 1 pak Heroe Wijanto. Rekan sekerja banyak yang memanggil beliau babeh. Keren.

Detail dari Yahdi Siradj :

Nama dengan gelar : Yahdi Siradj S.T, M.T

NIDN : 0416038703
NIP : 14870017

Rekening Mandiri : 130-00-1222887-3 Atas nama yahdi siradj

Rekening BNI : 0239562913 Atas nama yahdi siradj

Alamat Rumah : Komp. Bukit Pajajaran Kav 412, Pasir Impun, Bandung